24 Januari 2015

cara pengecambahan bibit pepaya

bibit pepaya california

Pembibitan dilakukan bersamaan dengan pengolahan lahan tanam karena pembibitan di persemaian memerlukan waktu 30 hari s/d 40 hari.
1.           Biji yang telah kering direndam dengan memakai air hangat ± 400C selama 5 menit lalu ganti air rendaman tersebut dengan air dingin, direndam 24 – 36 jam
2.           Buang air rendaman yang dingin lalu rendam kembali selama 2 menit dengan air hangat, setelah 2 menit buang air rendamannya, keringkan biji yang telah direndam tersebut dengan menggunakan kain lap tetapi jangan terlalu kering dan terlalu basah karena jika terlalu kering biji tidak mau tumbuh begitu juga jika terlalu basah biji akan membusuk.
3.           Biji masukkan ke dalam plastic / wadah yang gelap supaya tidak terkena radiasi cahaya, gunanya untuk membantu mempercepat tumbuh akar, simpan ditempat yang bersuhu antara 300C s/d 400C.
4.           Tunggu sampai biji keluar kecambah / akar, biasanya pada hari ke 15 sebagian biji akan keluar akarnya.dan akan terus bertahap
5.           Sambil menunggu biji keluar akar, siapkan tanah yang dicampur dengan pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1 aduk sampai rata dan biarkan adukan tersebut selama ± 1 minggu.
6.           Masukkan tanah ke dalam poliback ukuran 10 x 15 cm
www.bibitpepaya.com

0 komentar:

Template by : Anderok Morosot NukaLima Kali